JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Wiwik Endang Setyawati (Universitas Negeri Surabaya)
Wiryanto . (Universitas Negeri Surabaya)
Rooselyna Ekawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan pendekatan open-ended pada materi volume balok untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh siswa oleh siswa pada abad 21.Dengan adanya peningkatan kreativitas siswa, diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kreativitas matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment yang memakai rancangan one group pretest-posttest design, yaitu eksperimen yang hanya dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding.Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V sekolah dasar.Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes kreativitas, dan tes hasil belajar. Data pada penelitian akan dianalisis menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui validitas butir soal. Uji reliabilitas butir soal menggunakan rumus Cronbach’s Alpha, sedangakan peningkatan kreativitas dianalisis menggunakan gain score ternormalisasi. Penelitian ini menghasilkan data tentang peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa.Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan gain score menunjukkan nilai sebesar 0,72 atau terjadi peningkatakn sebanyak 72% yang tergolong peningkatan kategori tinggi. Pada tes hasil belajar, juga tejadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 10% menjadi 87%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) pendekatan Open-Ended dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif dan sangat kreatif; (2) pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu sebesar 77% yang diambil dari data pretest dan posttest.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...