Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan model pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam pembelajaran sejarah di SMA melalui film dokumenter terseleksi untuk mendukung integrasi bangsa melalui analisis studi literatur dan survei lapangan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan (1) Studi literatur yang dilakukan meliputi dua hal yaitu analisis kurikulum dengan mengkaji Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 mengenai kurikulum 2013 untuk mengetahui kebutuhan kurikulum pada mata pelajaran sejarah terkait model pembelajaran dan analisis teoretis dengan mengkaji beberapa literatur mengenai model pembelajaran dan karakteristik mata pelajaran sejarah yang digunakan dalam mendukung pengembangan model pembelajaran (KBM). (2) Survei lapangan dilakukan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri 2, Sekolah Menengah Atas Negeri 3 dan Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Padangsidimpuan. Pada intinya guru telah melaksanakan pembelajaran berbasis contektual , tetapi tidak didasari pada pemahaman pelaksanaan pendidikan. (3) Dirumuskan sintak model pembelajaran (KBM) yakni (1) Student orientation, (2) Visualization Problem , (3) Relating, (4) Experience, (5) Applying, (6) Cooperating, (7) Transferring, (8) Clarification.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021