Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021

STUDI DESKRIPTIF KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MATERI MENULIS PUISI

Nurul Ulfah (Unknown)
Oman Farhurohman (Unknown)
Sabri Sabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi di SD Negeri Benoa Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa kuesioner atau angket tertutup dan wawancara terbuka. Yang menjadi responden adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5 yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk materi menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran ketika pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, selanjutnya yang menjadi kesulitan adalah guru tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar yang memiliki nilai rata-rata 56,25%, masuk pada kriteria setengahnya artinya setengah dari responden tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...