JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Kalimat yang Benar melalui Metode Bercerita untuk Anak Kelompok A di TK ABA I Jombang

Mindaudah, Mindaudah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Kemampuan bercerita pada anak usia dini dipelajari dan diperoleh melalui kemampuan berbicara dengan sendirinya secara alamiah, anak yang pandai bercerita berarti sudah mampu bersosialisasi dengan orang tua dan lingkungan. Dengan bercerita anak bisa mengungkapkan perasaannya dengan bahasanya sendiri. Bercerita bukanlah sekedar pengucapan kata tetapi merupakan suatu alat untuk mengekspresikan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan pikiran atau perasaan. Kemampuan bercerita yang dimiliki oleh seorang pendidik dapat memberi bekal terhadap anak yang nantinya pandai berkomunikasi, berdebat berpidato, kelak anak menjadi orang hebat di kemudian hari. Sebagai pendidik, guru TK harus bisa memahami tahapan perkembangan terutama pada anak usia dini. Proses pembelajaran yang efektif menyenangkan dan menarik bagi anak sangat diperlukan untuk membantu sifat dan karakteristik anak. Penelitian dilaksanakan di kelas A TK ABA I Jombang dengan jumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Berdasarkan hasil belajar anak setelah dilakukan kegiatan pembelajaran melalui media gambar berseri pada siklus 1 dari 20 anak yang mengikuti penilaian 2 anak (13,3%) yang memperoleh nilai diatas nilai yang ditetapkan. 4 anak (26,7%) yang memperoleh nilai minimal yang telah ditetapkan, artinya ketuntasan belajar baru mencapai 40%. Sedangkan pada siklus 2 dari 15 anak yang mengikuti penilaian 6 anak (40%) yang memperoleh nilai diatas nilai minimal yang ditetapkan, 6 anak (40%) yang memperoleh nilai minimal, sedangkan 3 anak (20%) yang memperoleh nilai dibawah minimal. Artinya terdapat 80% anak yang telah mencapai ketuntasan belajar pada pembelajaran kreatifitas bercerita. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dan ketuntasan belajar. Apalagi jika medianya bisa dibuat atau didapatkan anak dengan mudah untuk bermain dalam keseharian tentu sangat membantu penguasaan anak dalam menerima materi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...