JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Application Of Project Based Learning (PJBL) Learning Model In Class V Of Elementary School

Wanti, Chindy Yuginta (Unknown)
Amini, Risda (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 62/III Mukai Mudik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62/III Mukai Mudik pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 21 orang siswa dan siswa kelas V-B sebanyak 14 orang siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata (85,72) dan kelas kontrol nilai rata-rata (61,2). Secara uji statistik harga t-hitung> t-tabel (6,53 >2,0462) dengan taraf (? = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 62/III Mukai Mudik. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siawa kelas V.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...