JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang

Wahyuni, Endang (Unknown)
Mardicko, Afri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini berawal dari kepribadian siswa yang berbeda yang tentu akan mempengaruhi hasil belajar matematis. Hasil ini terlihat dari hasil observasi dan analisis data tes kemampuan masalah matematis yang diberikan kepada siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar matematis siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 21. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap, tes hasil belajar matematis. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi berganda. Statistik parametrik akan digunakan dikarenakan data memiliki sebaran normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan. Pertama, hasil belajar matematis siswa yang mempunyai kepribadian extrovert tidak ada perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan hasil belajar matematis siswa yang berkepribadian introvert.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...