JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Rahmayanti Gaja, Masni (Unknown)
Mawardi, Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Mewabahnya virus covid-19 merupakan kesedihan mendalam bagi seluruh umat manusia dipermukaan bumi. Pandemi covid-19 membuat pemerintah Indonesia mengambil keputusan bahwa pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring dibutuhkan pembelajaran yang menuntut guru dan peserta didik untuk kreatif dan terampil dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan kurikulum 2013 menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan berorientasi kepada peserta didik. Oleh sebab itu, penting untuk mengarahkan penelitian yang diharapkan dapat mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dimasa pandemi dan untuk menghadapi zaman 4.0. Penelitian ini menggunakan model penelitian plomp, dengan jenis penelitian R&D, melalui 3 tahap yaitu: (1) Preliminary research; (2) Prototyping stage ; 3) Assessment phase. Sistem pembelajaran ini dilakukan uji validasi dengan rumus Aiken’s V dengan nilai kevalidan yang dikategorikan sangat valid, dan uji praktikalitas dengan rumus persentase dengan kategori praktis untuk siswa dan sangat praktis jika digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Sehingga sistem pembelajaran flipped classroom menjadi jalan keluar dari masalah yang dihadapi saat pembelajaran masa pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...