Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran sains siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan sampel penelitian sebanyak 10 sekolah dasar di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik sederhana untuk menggambarkan keterampilan siswa dalam mengikuti pembelajaran sains di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengikuti pembelajaran sains siswa sekolah dasar di Kecamatan Rambah secara keseluruhan masih rendah. Aspek keterampilan pembelajaran sains juga masih tergolong rendah. Tidak ada perbedaan keterampilan pembelajaran sains siswa laki-laki dan siswa perempuan. Perlu pendampingan berkelanjutan untuk meningkatkan pembelajaran sains terutama dalam aspek keterampilan. Guru-guru perlu didorong untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya, terutama saat membelajarkan sains di kelas tinggi.
Copyrights © 2021