JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Persepsi Pegawai tentang Iklim Organisasi di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman

Hendriawati , Ratih (Unknown)
Syahril , Syahril (Unknown)
Irsyad , Irsyad (Unknown)
Al-kadri , Hanif (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang kondusifnya iklim organisasi di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendapatkan informasi persepsi pegawai tentang iklim organisasi dengan indikator : aspek kehangatan, aspek inovasi, aspek kerjasama, aspek keterbukaan, aspek dukungan dan aspek tanggung jawab. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai pada tempat penelitian sebanyak 71 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dikarenakan populasi pegawai yang sedikit, dengan teknik pengambilan sampel jenuh (sampling jenuh) sehingga semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan model skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu, verifikasi data, pemberian skor setiap jawaban, klasifikasi, tabulasi data, dan menghitung rata-rata (mean) jawaban yang dierikan responden. Kemudian mendeskripsikan data yang sudah diolah dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi pada tempat penelitian sudah baik dan kondusif dengan skor (4,12) dilihat dari data berikut: (1) Iklim organisasi dari aspek kehangatan kondusif (3,83). (2) Iklim organisasi dari aspek inovasi kondusif (4,08). (3)Iklim organisasi dari aspek kerjasama kondusif (4,35). (4)Iklim organisasi dari aspek keterbukaan kondusif (4,14). (5) Iklim organisasi dari aspek dukungan kondusif (4,11). (6) Iklim organisasi dari aspek tanggung jawab kondusif (4,23).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...