JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Marleta, Erlin (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)
Fitriani, Yessi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan gambaran secara nyata dan utuh tentang dampak dari variabel kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik terhadap capaian hasil belajarnya. Oleh karena itu, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai dari penelitian yang dilaksanakan menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa. Hal serupa juga dinyatakan bahwa motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa. Pengujian yang dilakukan secara simultan, kemudian menegaskan bahwa kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama mampu memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa khususnya di SMP Negeri 3 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...