Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Hubungan Self-Efficacy dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa di SMK

Dwita Widyastuti (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA))
Ishaq Nuriadin (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Pendidikan Indonesia berinovasi dengan menerapkan pembelajaran daring akibat munculnya virus COVID-19 yang melanda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dalam pembelajaran online terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa di SMK. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 4 Jakarta dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2020/2021. Sedangkan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan undian yang berjumlah 125 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan tes kemampuan. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan teknik korelasi product moment dengan nilai signifikansi 0,001 dan koefisien korelasi 0,290. Selanjutnya menggunakan analisis regresi sederhana untuk melihat pengaruh hubungan antar variabel. Persentase pengaruh hubungan antar variabel adalah 8.4%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...