Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay Media Studio 8 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar

Muhamad Sofyan (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Trisna Roy Pradipta (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay Media Studio 8 pada materi turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg&Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dengan membatasi 8 tahap dari 10 tahap pengembangan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 88 Jakarta dengan responden siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dapat disimpulkan bahwa materi termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan persentase 100%, sedangkan media pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori “layak” dengan persentase 100%. Hasil uji coba kelompok kecil media pembelajaran interaktif yang dikembangkan “sangat layak” dengan persentase 58%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar adalah “sangat layak” dengan persentase 71%. Siswa tertarik dengan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay Media Studio 8 pada materi turunan fungsi aljabar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini cocok digunakan dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...