Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Identifikasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Gender

Danu Yunizar Pamungkas (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Rizki Dwi Siswanto (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan tipologi kepribadian Hippocrates-Galenus dan gender. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Purposive Sampling digunakan untuk memilih 8 subjek penelitian yang terdiri dari 2 subjek sanguinis, 2 subjek koleris, 2 subjek melankolis, 2 subjek plegmatis dengan gender yang berbeda dari masing-masing kepribadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara. Teknik triangulasi yang dilakukan dengan membandingkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hasil wawancara. Kesimpulan penelitian ini, sanguinis laki-laki lebih baik dari sanguinis perempuan dalam aspek pemahaman masalah, koleris laki-laki dapat lebih baik dibandingkan koleris perempuan mengenai aspek menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh sedangkan untuk aspek lain koleris perempuan lebih baik daripada koleris laki-laki, melankolis laki-laki lebih baik dari melankolis perempuan dalam aspek menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh sedangkan melankolis perempuan sangat baik dalam aspek membuat/menyusun model matematika, plegmatis perempuan lebih baik dari plegmatis laki-laki dalam aspek menunjukkan pemahaman masalah dan membuat atau menyusun model matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...