Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autistik Berat dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Syifa Kamilah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Subhan Ajiz Awalludin (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Keterbatasan kemampuan komunikasi menjadi salah satu hambatan bagi penyandang autisme dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis pada pada siswa autistik berat dalam menyelesaikan soal matematika. Subjek penelitian adalah dua siswa autistik berat di salah satu rumah belajar khusus autistik. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari observasi, lembar tes soal matematika dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan kedua subjek pada penelitian ini memiliki perbedaan kemampuan komunikasi matematis tulis. Subjek pertama memiliki kategori kemampuan komunikasi matematis tulis tinggi sedangkan subjek kedua memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis sangat rendah. Kemampuan komunikasi matematis tulis pada tiap siswa autistik berbeda tergantung masing-masing kemampuan yang dimilikinya. Peran guru pendamping sangat dibutuhkan siswa autistik dalam memahami soal matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...