Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP

Faradila Nur Sabrina (Universitas Negeri Malang)
Rustanto Rahardi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis Guided Discovery Learning pada materi Statistika kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model pengembangan Plomp. Dalam penelitian pengembangan LKS ini menggunakan teknik analisis data hasil uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan produk. Hasil dari penelitian ini adalah LKS yang dinyatakan valid berdasarkan uji validasi oleh validator dengan hasil 93,75%. Setelah dilakukan uji validasi, LKS diujicobakan kepada subjek penelitian dan dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu 82,19% dan angket respon guru yaitu 93,31%. LKS juga dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes formatif subjek penelitian yaitu terdapat 80% siswa mendapat nilai di atas KKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...