Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan, keefektivan dan kepraktisan LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan produk. Hasil analisis validasi dari ahli diperoleh penilaian hasil validasi materi dengan persentase 85,7% (Sangat Baik), hasil validasi media dengan persentase 92% (Sangat Baik), dan hasil validasi bahasa dengan persentase 88% (Sangat Baik). Berdasarkan respon guru diperoleh hasil penilaian dengan persentase 86% (Sangat Baik) dan respon siswa diperoleh hasil penilaian dengan persentase 85,6% (Sangat Baik). Dari hasil belajar, tampak bahwa peserta didik yang tuntas dengan KKM 70 adalah 95% mencapai syarat ketuntasan KKM. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD dapat memfasilitasi proses pembelajaran secara mandiri dan kelompok.
Copyrights © 2020