Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar

Masriani Masriani (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik terpadu menggunakan metode mind mapping yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil validasi RPP 94% sangat valid dan hasil validasi bahan ajar 90% sangat valid. Hasil angket respon guru 91% sangat praktis, hasil angket respon siswa rata-rata 95 sangat praktis dan hasil observasi penggunaan bahan ajar rata-rata 96 sangat praktis. Hasil uji coba bahan ajar dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar tematik terpadu menggunakan metode mind mapping di Kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...