Pada penelitian ini terdapat permasalahan, yaitu tingkat pemahaman siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika siswa dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMK PAB Helvetia Medan dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang dan X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes Pre-Test dan Post-test untuk mengukur nilai rata-rata kemampuan pemahaman belajar matematika siswa. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat: Uji Normalitas, Uji Homogenitas, serta Uji Hipotesis: Uji-T. Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis Uji-T didapat bahwa thitung = 2,8095 ˃ ttabel = 1,9908, sehingga Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika pada siswa.
Copyrights © 2021