Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Matematika Siswa

Putri Maisyarah Ammy (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Pada penelitian ini terdapat permasalahan, yaitu tingkat pemahaman siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika siswa dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMK PAB Helvetia Medan dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang dan X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes Pre-Test dan Post-test untuk mengukur nilai rata-rata kemampuan pemahaman belajar matematika siswa. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat: Uji Normalitas, Uji Homogenitas, serta Uji Hipotesis: Uji-T. Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis Uji-T didapat bahwa thitung = 2,8095 ˃ ttabel = 1,9908, sehingga Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Information Search terhadap kemampuan pemahaman belajar matematika pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...