Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Implementasi Pembelajaran Daring melalui Grup Whatsapp pada Siswa Sekolah Dasar

Dina Maulida (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Muslimin Ibrahim (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Muhammad Thamrin (Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya, Indonesia)
Akhwani Akhwani (Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan dan hambatan mengenai implementasi pembelajaran daring melalui grup whatsapp pada siswa kelas 3 SDN Celep Sidoarjo . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang memaparkan dan mendapatkan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang dilakukan melalui observasi ,dokumentasi, dan wawancara wali murid peserta didik kelas 3 SDN Celep Sidoarjo menghasilkan data bahwa implementasi pembelajaran daring melalui grup whatsapp dapat diketahui tingkat proses pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui grup whatsapp pada siswa kelas III SDN Celep Sidoarjo tergolong “Belum Efektif”. Untuk hambatan saat melakukan pembelajaran daring adalah gadget yang kurang memadai, karena saat ini gadget yang digunakan masih menggunakan gadget orang tua atau bukan milik pribadi. Hambatan yang lainnya adalah kurangnya tanggung jawab peserta didik pada saat mengumpulkan tugas sehingga banyak peserta didik yang terlambat mengumpulkannya. Pada saat pembelajaran daring terjadi banyak kendala, seperti paketan data yang terbatas dan masih menggunakan gadget orang tua atau bukan milik pribadi. Sehingga hasil belajar yang didapat peserta didik pada saat pembelajaran daring kurang efektif dan terbatas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...