Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Wilda Agnesia Panjaitan (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Ester Julinda Simarmata (Universitas Katolik Santo Ttomas, Indonesia)
Regina Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Patri Jonson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negeri 091626 Bandar Maratur Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD SD Negeri 091626 Bandar Maratur. Pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 90% (baik sekali) dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa juga meningkat menjadi 80 (baik sekali). Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negeri 091626 Bandar Maratur Tahun Pembelajaran 2020/2021

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...