Pembangunan pendidikan akan sulit tercapai apabila tidak didukung dengan penyediaan biaya yang memadai. Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan biaya pendidikan dari APBN dan APBD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini Kepala Biro Adminstrasi Perencanaan dan Sistem Informasi, Kepala Bagian Perencanaan,  Kepala Bagian Keuangan, Ketua Tim Sistem Penyusunan Perencanaan Program dan Penganggaran/SP4, Kepala Bagian Sistem Informasi dan Ketua Badan Penjaminan Mutu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan menggunakan pola bottom up dengan SP4 dari unit kerja terendah sampai dengan tingkat universitas, pelaksanaan anggaran digunakan untuk membiayai belanja yang bersumber anggaran berasal dari APBN dan APBD. Pengendalian dilakukan sebagai implementasi fungsi controlling penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk menilai kinerja keuangan, Badan Penjaminan Mutu untuk capaian kinerja dari aspek mutu. Sedangkan pengawasan dilakukan pihak BPKP, Bawasda dan Inspektorat Jenderal Depdiknas. Manajemen pembiayaan menjadi evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021