Mimbar Ilmu
Vol 26, No 2 (2021): Augustus

Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Tema Kepemimpinan

Astuti, Ni Komang Gina (Unknown)
Dibia, I Ketut (Unknown)
Sudarma, I Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Masih banyaknya guru yang tidak menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan syarat instrumen penilaian dan belum mampu membuat instrumen penilaian yang sesuai dengan prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar kelas VI pada tema kepemimpinan yang berupa soal tes berbasis Higher Order Thinking Skills yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap mendefenisikan, tahap merancang, tahap mengembangkan dan tahap menyebarluaskan. Keempat tahap model ini dijadikan pedoman dalam memvalidasi instrumen yang dikembangkan. Data dikumpulkan menggunakan metode tes. Instrumen tes yang digunakan ialah berupa tes objektif untuk menilai hasil belajar siswa Hasil penelitian ini yaitu uji validitas isi sebesar 1.00 termasuk kategori sangat tinggi, uji validitas butir dihasilkan 27 butir tes valid, uji reliabilitas tes sebesar 0,72 termasuk kriteria tinggi, analisis daya beda soal diperoleh 14,8 % soal dengan kriteria kurang baik, 55,5 % dinyatakan cukup baik, 14,8 % terdapat dengan kriteria baik, dan 14,8% dinyatakan sangat baik, analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil terdapat 9 soal dengan kategori mudah dan 12 soal dengan kategori sedang kemudian 6 soal dengan kategori sukar, hasil analisis kualitas pengecoh  diperoleh hasil terdapat 85 pengecoh kriteria baik dan 5 pengecoh kriteria kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang penilaian hasil belajar tema 7 berbasis Higher Order Thinking valid dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...