Mimbar Ilmu
Vol 26, No 2 (2021): Augustus

Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) pada Career Development Center (CDC) untuk Evaluasi Program Layanan Informasi Karir SMK

Thaitami, Siti Hajar (Unknown)
Giatman, Giatman (Unknown)
Ambiyar, Ambiyar (Unknown)
Jalinus, Nizwardi (Unknown)
Syahril, Syahril (Unknown)
Wakhinuddin, Wakhinuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Tujuan   penelitian ini   ialah   mengetahui   penerapan   model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and   Product) terhadap hasil layanan informasi karir pada CDC SMK N 8, dan keefektifan layanan informasi karir dengan menggunakan model evaluasi CIPP di Career Development Center (CDC)SMK N 8. Penentuan keefektifan layanan informasi karir dilihat dari seberapa besar ketercapaian tujuan layanan informasi karir yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP untuk mengevaluasi tiap komponen Konteks, Input, Proses, dan Produk dalam mencapai proses layanan informasi karir yang efektif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua CDC, Sekretaris CDC, siswa, dan Alumni SMK N 8. Pengumpulan data utama menggunakan wawancara, sedangkan untuk data pendukung menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data hasil pengumpulan data dianalisis secara triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan informasi karir dinyatakan sudah terlaksana dengan sangat baik. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...