Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 2 (2021): Agustus 2021

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Artawan, I Kadek Agus Septi (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)
Pajarastuti, Desak Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan Model Problem Based Learning, siswa kelas V SD Negeri 3 Pemuteran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan suatu pengamatan yang menerapkan tindakan didalam kelas dengan menggunakan aturan sesuai dengan metodologi penelitian yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Pemuteran Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan melalui metode tes adalah data tentang hasil belajar IPA. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar IPA sebesar 8,02% dari 73,04% pada siklus I menjadi 81,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning muatan mata pelajaran IPA khususnya di kelas V SD Negeri 3 Pemuteran dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...