Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan Model Problem Based Learning, siswa kelas V SD Negeri 3 Pemuteran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan suatu pengamatan yang menerapkan tindakan didalam kelas dengan menggunakan aturan sesuai dengan metodologi penelitian yang dilakukan dalam beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Pemuteran Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan melalui metode tes adalah data tentang hasil belajar IPA. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar IPA sebesar 8,02% dari 73,04% pada siklus I menjadi 81,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning muatan mata pelajaran IPA khususnya di kelas V SD Negeri 3 Pemuteran dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021