Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 1 (2021): Mei 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK-PAIR-SHARE) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER I DI TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA TAHUN 2018/2019

Nurul ilma, ilma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bahasa anak khususnya pada pengenalan huruf. perkembangan bahasa memerlukan bimbingan yang lebih optimal karena sebagai modal anak untuk memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa mengenal huruf yang diterapkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang berbantuan media kartu huruf pada kelompok B3 TK Kartika VII-3 Singaraja tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian kelompok B3 TK Kartika Singaraja VII-3 Singaraja yang berjumlah 27 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 18 anak laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan media observasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf pada kelompok B3 sebesar 25.7% hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa mengenal huruf anak pada siklus I sebesar 55.31% dengan kriteria rendah menjadi 81,01% pada siklus II dengan criteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa mengenal huruf anak kelompok B3 TK Kartika Singaraja Pada semester I tahun 2018/2019. Kata Kunci : Think Pair Share, Mengenal Huruf

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...