Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 9, No 2 (2021): Desember

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran

Widiarti, Ni Komang (Unknown)
Sudarma, I Komang (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan hasil belajar siswa yang rendah merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Sehingga, diperlukan adanya media pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan untuk mengetahui validitas media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli isi pembelajaran, 1 orang sebagai ahli desain pembelajaran, 1 orang sebagai ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen dan kuesioner dengan menggunakan instrumen lembar pencatatan dokumen dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kualitas media video pembelajaran ini mendapat hasil validitas yaitu melalui hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86,67%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,22%) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,67%). Media video pembelajaran ini berada pada kualifikasi sangat baik dan baik maka layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media ini berimplikasi terhadap minat belajar siswa serta memotivasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...