Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
Vol 5, No 1 (2021): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antroplogi

Peran Keluarga dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Halimatusa Diyah (Sultan Ageng Tirtayasa University)
Stevany Afrizal (Sultan Ageng Tirtayasa University)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua keluarga di desa Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang Banten. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah  literatur atau pustaka yang mendukung penelitian ini, diantaranya: buku-buku, jurnal, artikel, berita, dan regulasi atau Undang-Undang yang berlaku. Tujuan penulisan ini yaitu mengetahui seberapa besar peran keluarga saat pandemi ini. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19  berdampak  pada  berbagai  hal,  termasuk  perubahan  dalam  pola pendidikan  formal.  Perubahan-perubahan  tersebut  berdampak  pada  kesulitan  yang  dialami siswa ketika menjalani pola pembelajaran yang baru. Kesulitan terjadi salah satunya akibat dari  tidak di milikinya  kemampuan  adaptasi  yang  baik  dalam  diri  siswa.  Kemampuan-kemampuan  semacam  ini  perlu  dikembangkan  sejak  dari  keluarga.  Untuk  itulah  peran keluarga  menjadi  lebih  jelas  dengan  adanya  Pandemi Covid-19  ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

habitus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Habitus Journal is published by the Sociology-Anthropology Education Study Program, FKIP, Sebelas Maret University (UNS). Published twice a year ie 1st Edition: January-June and 2nd edition: July-December. The Habitus Journal focuses on theoretical studies and analysis of research results in the ...