Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua keluarga di desa Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang Banten. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur atau pustaka yang mendukung penelitian ini, diantaranya: buku-buku, jurnal, artikel, berita, dan regulasi atau Undang-Undang yang berlaku. Tujuan penulisan ini yaitu mengetahui seberapa besar peran keluarga saat pandemi ini. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai hal, termasuk perubahan dalam pola pendidikan formal. Perubahan-perubahan tersebut berdampak pada kesulitan yang dialami siswa ketika menjalani pola pembelajaran yang baru. Kesulitan terjadi salah satunya akibat dari tidak di milikinya kemampuan adaptasi yang baik dalam diri siswa. Kemampuan-kemampuan semacam ini perlu dikembangkan sejak dari keluarga. Untuk itulah peran keluarga menjadi lebih jelas dengan adanya Pandemi Covid-19 ini.
Copyrights © 2021