Abstrak: Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mendeskripsikan    hasil    analisis kemampuan  komunikasi  matematis  kelas X Mipa 5 di salah satu SMA Negeri di Cikarang Selatan tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten Bekasi  dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X Mipa 5 yang terdiri dari 6 siswa yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu  menggunakan instrumen tes soal kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian sebanyak 2 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan keterampilan komunikasi matematis masih kurang. Hal ini terlihat dari hasil rekapitulasi jawaban keseluruhan siswa yang menjawab benar sebanyak 24%, menjawab salah sebanyak 46%, dan tidak menjawab sebanyak 0%. Selain itu dapat dilihat dari hasil konversi skor siswa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu siswa yang mendapat nilai kurang dari 55 sebesar 50%.Kata-kata kunci:Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Matematis, Materi SPLTV.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021