Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Pengaruh Layanan Akademik dan Citra Institusi terhadap Loyalitas Mahasiswa Universitas Terbuka

Zulkarnaini Zulkarnaini (Library Departement)
Rhini Fatmasari (Universitas Terbuka Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Loyalitas mahasiswa merupakan perilaku komitmen positif mahasiswa kepada perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan kesetiaan dan keikutsertaan dalam proses pendidikan. Loyalitas merupakan upaya membangun suatu citra sejati, yang bukan sekedar nama, pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap loyalitas. Kualitas pelayanan menentukan eksistensi dan kekuatan sebuah citra dan brand.  Pelanggan  yang  puas  karena menerima pelayanan  yang  baik  akan  merasa senang. Oleh karena  itu,  setiap saat  mereka  akan kembali dan menjadi pelanggan  loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan akademik dan citra institusi terhadap loyalitas mahasiswa UT. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh langsung layanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.392. Citra institusi juga berpengaruh secara l;angsung terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.450, sementara citra institusi juga berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.450. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa layanan akademik dan citra institusi secara bersana-sama berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...