Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

STUDY OF BUILDING MASS ARRANGEMENTS IN TAHFIDZ PRENEUR ISLAMIC BOARDING SCHOOL AREA QUR'AN CENDEKIA

Andiyan Andiyan (Architecture Study Program, Faculty of Science and Engineering, Universitas Faletehan)
Siti Maryam Fauziah (Architecture Study Program, Faculty of Science and Engineering, Universitas Faletehan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan sistem asrama. Tujuan Penelitain memperhatikan Lingkungan dan sosial pesantren harus menjadi tempat yang nyaman untuk para santri untuk belajar karena semua kegiatan di lakukan di dalam pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai objek yang diteliti.Hasil penelitian ini dimana Penerapan konsep Arsitektur Ekologi pada Lingkungan dan social Pesantren Tahfidz Preneur Kampoeng Qur’an Cendekia dapat di lihat dari pengunaan bahan pada bangunan asrama para santri yang menggunakan kayu dan bamboo sebagai bahan utama, tatanan bangunan dengan memaksimalkan penggunaan kontur, dan juga orientasi bangunan.Kesimpulan Pesantren Tahfidz Preneur Kampoeng Qur’an Cendekia merupakan salah satu pesantren di daerah Parompong Bandung Barat dengan penerapan konsep Arsitektur Ekologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...