Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education

INTEGRASI PEMBELAJARAN IPS DAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH PEMBINA PENGAMALAN AGAMA (MI P2A) MERI KUTASARI PURBALINGGA

Tarsini Tarsini (UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri)
Tutuk Ningsih (Dosen Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Prof. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2021

Abstract

Integrasi pengajaran Ilmu Sosial (IPS) di tingkat sekolah dasar sangat  mungkin bersinggungan dengan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Apalagi untuk saat ini dengan kurikulum 2013 pembelajaran melalui pembelajaran tematik yang merupakan  perpaduan  pengajaran antar mata pelajaran satu dengan mata  pelajaran  lainnya. Pada  metode penelitian ini dipakai  metode penelitian kualitatif deskriptif dengan  beberapa jenis  formalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterpaduan pembelajaran IPS dan IPA di Kelas IV dan bagaimana guru mengintegrasikan pembelajaran IPS dalam pembelajaran IPA serta melihat faktor penunjang dan rintangan dalam proses integrasi pembelajaran IPS dan IPA pada siswa, khususnya Kelas IV MI P2A. Meri, Kutasari, Purbalingga.Penelitian ini dilandasi oleh minimnya penguasaan pembelajaran IPS dan IPA siswa kelas IV MI P2A Meri. Hasil dari penelitian ini adalah pendidik mengupayakan penguasaan materi IPS dan IPA agar nilai IPS dan IPA siswa kelas IV meningkat karena tingkat pemahaman siswa terhadap keterpaduan pembelajaran IPS dan IPA. Dengan melaksanakan berbagai program, di antaranya dilaksanakan oleh kepala madrasah  terhadap pendidik, oleh pendidik terhadap  siswa. Pendekatan yang cocok terhadap pengajaran adalah cerita dan dialog, sebab dengan berbagai pendekatan peserta didik akan  terdorong sedangkan di luar kelas dilaksanakan melalui beberapa program diantaranya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Pembelajaran IPS dan IPA secara terintegrasi dan terhubung dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada siswa.Utamanya integrasi pembelajaran IPS yang adalah pengajaran pada jenjang  kemasyarakatan yang dipilih dengan aturan ilmu kemasyarakatan yang dipakai  untuk tujuan proses mengajar. Demikian  juga dengan  Pembelajaran IPA juga mengarah  pada pengembangan aspek afektif peserta didik sejak usia dini dalam menghadapi kehidupan di lingkungan alam..Kata kunci: Integrasi, pembelajaran IPS, pembelajaran sains, kelas IV MI P2A Meri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...