Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANNUMBERED HEADS THINK TALK WRITE TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PATIMPENG KABUPATEN BONE

Haeril, Haeril (Unknown)
Yany, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengembangkan keaftifan siswa dalam proses pembelajaran.Dengan model pembelajaran yang efektif akan berdampak pada hasil belajar siswa.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran umbered heads think talk write together terhadap kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 patimpeng kabupaten Bone serta gambaran kemampuan berfikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan desain None quivalent Control Group Design.  Populasi diambil seluruh kelas XI IPS yang berjumlah dua kelas dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengujian IPK diperoleh nilai sebesar (72,56) pada kelas eksperimen. Hal ini berarti kelas eksperimen setelah diberi perlakuan model pembelajaran Numbered Heads Think Talk Write Together mengalami perkembangan dari nilai IPK dengan kriteria rendah (32,08) pada saat pretest kemudian berada pada nilai IPK kriteria sedang (72,56) pada saat posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Think Talk Write Together cocok digunakan pada pembelajaran berkelompok karena melewati standar nilai KKM sebesar 70,00 yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran ekonomi.Melalui pembelajaran Numbered Heads Think Talk Write Together dengan jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 25, siswa yang mencapai standar nilai KKM sebanyak 17 atau 68%..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...