Kurikulum 2013 merupakan kurikulum dengan penilaian autentik yang menyeluruh. Penerapannya juga dituntut untuk menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta karakter peserta didik. Permasalahan yang muncul yaitu di SD belum mengadakan penilaian untuk mengukur kemampuan tersebut. Oleh sebab itu, dilakukan pengembangan dengan tujuan: 1.) mengembangkan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS yang terintegrasi karakter yang layak digunakan, 2.) kelayakan instrumen penilaian,. Model penelitian yang digunakan yaitu dengan model penelitian 4-D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu analisis uji validitas, reliabilitas, Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: 1.) Dihasilkan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS terintegrasi karakter, 2.) Hasil validasi data secara keseluruhan mendapat  nilai 3,61 dengan kategori sangat layak serta mendapatkkan nilai 95,3 % pada uji reliabilitas dalam Pesentage Agreement sangat reliable.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021