Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 2: Juli 2021

FAN-N-PICK: MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA

Sintawati, Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa sekolah dasar. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kecemasan matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Fan-N-Pick. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan dalam satu siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 163/X Catur Rahayu berjumlah 12 siswa. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu angket kecemasan, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penurunan kecemasan matematika siswa dari siklus I sebesar 55,2 menjadi 11,4 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 83,3% menjadi 100% pada siklus II dengan nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Fan-N-Pick dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...