Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 5, No 2 (2011): Volume 5 Nomor 2 Edisi April 2011

Keefektifan Kalimat dalam Makalah Mahasiswa Nonreguler Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Untan

Amriani Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam makalah mahasiswa Program Nonreguler Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan ditinjau dari kehematan dan kesejajaran bentuk. Penelitian ini dilakukan di kampus FKIP Untan Jalan Ahmad Yani Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada data kebahasaan. Sumber data penelitian ini adalah kalimat dalam makalah mahasiswa Program Nonreguler Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan. Pengambilan sampel dilakukan secara bertahap (multistage sampling). Data dianalisis melalui tahap identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 44 kalimat yang tidak efektif dalam makalah ditinjau dari kehematannya meliputi kehematan kata, bentuk ganda, dan konjungsi. Terdapat 57 kalimat yang tidak efektif dalam makalah ditinjau dari kesejajaran bentuk, berupa kesejajaran unsur, pasangan konjungsi, dan kesejajaran penyusunan kalimat. Jadi, jumlah keseluruhan kalimat yang tidak efektif sebanyak 101 (49%) kalimat dari 205 jumlah kalimat. Kata Kunci: efektif, kalimat, kesejajaran, kehematan

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...