Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 1 (2012): Volume 7 Nomor 1 Edisi Januari 2012

Pembelajaran Musik Berbasis Siswa Dengan Pendekatan Local Genius

Ghozali, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2012

Abstract

Musik merupakan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan eksistensi individu melalui ekspresi suara, yang dapat diapresiasi individu. Pengembangan musik melalui pembelajaran musik di sekolah perlu memasukan unsur nilai-nilai musik tradisi, yang dapat dilakukan sejak dini. Belajar musik seperti halnya belajar bahasa, dengan tahapan-tahapan mendengar, meniru, memikirkan, mengaplikasikan, dan memanfaatkan. Pembelajaran musik perlu memperhatikan unsur-unsur seperti potensi dasar, metode, aktivitas, dan alur yang tepat, yang dapat dilakukan dengan prinsip pembelajaran musik berbasis siswa. Pembelajaran tersebut menekankan pada prinsip: sesuai potensi siswa, memperhatikan budaya daerah setempat, mulai dari yang sederhana, menggunakan lagu yang sesuai, instrumen musik sesuai yang ada, praktek ansambel, dan menampilkan hasil kreasi. Kata Kunci : Bahasa musik, Musik tradisi, Ansambel musik. Local genius.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...