Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 17 No. 02 (2021): September

PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH

Sofia Khoirun Nisa’ (Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia)
Muhammad Anas Maarif (Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Artikel ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah a) Guru fiqih melakukan kegiatan praktek shalat b) pembiasaan shalat asar berjamaah. Implikasinya dapat terlihat dari 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang dapat terpenuhi. Hasil implikasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Fiqih dalam sikap sosial yakni Santri lebih memiliki tanggungjawab yang besar, memiliki kepecayaan diri dalam belajar, Keberanian mereka dalam berhubungan dengan teman lainnya menjadi bertambah, Hubungan dengan guru menjadi lebih dekat, serta keteladanan dari masing-masing teman bisa membawa dampak positif untuk saling mencontoh.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attaqwa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Attaqwa: Journal of Islamic Education is published by Islamic Religious Education Study Program of Islamic Institute of Daruttaqwa Gresik. This journal contains a lot of studies about Islamic education, and other Islamic education related studies. This journal is published twice a year in Mart and ...