Instructional Development Journal
Vol 4, No 2 (2021): IDJ

Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai

Zaidatul Akmal (SDN Binaan Khusus Kota Dumai)
Gimin Gimin (Universitas Riau)
Rr. Sri Kartikowati (Universitas Riau)
Firman Edi (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan batas margin error sebesar 5% dan menggunakan teknik propotional random sampling, sampel yang ditetapkan sebanyak 77 orang.  Data dikumpulkan menggunakan teknik pertanyaan dan kemudian dianalisis menggunakan beberapa persamaan regresi linear dan bukti hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji t variabel stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Variabel beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil uji statistik (uji F), secara simultan stres kerja dan beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai. Berdasarkan uji t dan F, maka hipotesis diterima

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...