Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi kepala madrasah dalam melaksanakan Supervisi Akademik melalui program mentoring. Program ini diharapkan dapat membantu dan memberikan kontribusi kepada kepala madrasah dalam melaksanakan Supervisi Akademik. Supervisi Akademik baik kegiatan maupun dokumennya harus lengkap mulai dari menyusun program, menyusun jadwal, menentukan teknik/metode, dan menyiapkan instrument sampai dengan pelaporan. Mentoring merupakan dukungan terhadap perorangan sehingga dapat berkembang dan dapat melakukan sesuatu secara lebih efektif. Mentoring dalam penelitian ini berbentuk kemitraan antara mentor (peneliti/pengawas) dan mentee (kepala madrasah) yang dirancang untuk membangun kepercayaan diri dan kemandirian dalam melaksanakan Supervisi Akademik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program mentoring dapat meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam melaksanakan Supervisi Akademik, ditunjukkan dengan meningkatnya kompetensi/keterampilan kepala madrasah dan lengkapnya dokumen Supervisi Akademik.
Copyrights © 2021