Keberadaan Pondok Pesantren di era modern merupakan fenomena tersendiri dalam dunia pendidikan sehingga menimbulkan hipotesis bahwa cara yang ditempuh Pondok Pesantren dalam mempertahankan eksistensi layak untuk diteliti. Hal ini disebabkan Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang muncul jauh sebelum Indonesia terbentuk dan hingga sampai saat ini keberadaannya layak untuk diperhitungkan di era moderen. Jika dilihat dari sudut pandang historis ada sebutan surau di Minangkabau, Dayah di Aceh, dan pesantren di Jawa.Seiring dengan dinamika pendidikan di Indonesia, kini setidaknya dikenal tiga lembaga pendidikan Islam, yaitu sekolah, madrasah, dan pesantren. Dengan tetap mempertahankan pendidikan tradisional atau salaf pesantren tetap bisa eksis hingga saat ini. Meski telah mendirikan lembaga pendidikan modern, pada umumnya Pondok Pesantren di Indonesia masih tetap bertahan dengan sistem pendidikan lama. Selanjutnya dikenal dengan Pondok Pesantren salaf, yaitu Pondok Pesantren yang mempertahankan sistem pendidikan tradisional dengan cirikhas tertentu. Pondok Pesantren salaf atau Pondok Pesantren yang masih mempertahankan nilai-nilai tradisional, menyimpan potensi besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Wacana lokal dan rasionalitas lokal selama ini sudah diyakini menjadi custom atau tradisi pondok pesantren. Demikian pula,konsep kemajuan bagi pondok pesantren ini juga bertitik tolak dari tradisi, sehingga tidak mengalami keterputusan sejarah.
Copyrights © 2021