Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapankannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 20 Bulukumba. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 20 Bulukumba yang berjumlah 30 orang pada semester Ganjil Tahun PelajaranĀ 2017/2018 yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I selama 3 pertemuan dan siklus II selama 3 pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir Siklus I dan akhir Siklus II, data hasil observasi pada setiap pertemuan.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan Melalui ModelĀ Pembelajaran Koopearif Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan Terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti serta dapat meningkatkan kehadiran siswa.
Copyrights © 2021