Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan jenis PTK kolaboratif, yaitu guru kelas sebagai pelaku implementasi RPP, sedangkan peneliti bertindak sebagai perancang RPP dan pengamat pembelajaran. Variabel penelitian adalah hasil belajar, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes formatif tiap siklus, dengan instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal. Teknik yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Melalui model pembelajaran CTL (contextual Teaching and Learning), mengalami peningkatan juga. Hal tersebut dapat dibuktikan dari rata-rata perolehan observasi pada siklus I adalah 16,93 dan kategori baik. Sedangkan perbaikan pada siklus II meningkat kembali menjadi 21,76 dengan kategori sangat baik. Sedangka hasil evaluasi belajar siswa dari siklus I adalah 71,90 meningkat menjadi 84,05 pada siklus II. Meningkatnya rata-rata hasil evaluasi siswa berpengaruh pada ketuntasan belajar siswa yang juga mengalami peningkatan seperti pada siklus I mencapai 69,05% dan siklus II menjadi 90,48% atau sebanyak 19 siswa dari jumlah keseluruhan yaitu 21 siswa. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan dalam implementasi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021