Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa, hasil belajar, dan respon siswa terhadap pembelajaran IPS sub tema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Model pembelajaran kooperatif mengandung enam unsur, yaitu: (1) saling ketergantungan positif, (2) interaksi tatap muka, (3) akuntabilitas individual, (4) keterampilan untuk menjaga hubungan antar pribadi, (5) komunikasi antar anggota, dan evaluasi proses kelompok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bago Kecamatan Besuk yang berjumlah sebanyak 34 siswa dan terdiri dari 19 siswa laki-laki, 15 siswa perempuan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari guru (observer), teman sejawat dan siswa dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis hasil penelitian diperoleh bahwa. Secara keseluruhan rata-rata persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan. Beberapa aspek keaktifan belajar siswa yang menonjol yaitu memperhatikan penjelasan guru, berinteraksi dalam diskusi kelompok dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dari seluruh indikator pada pra tindakan 49%, siklus I sebesar 61,40%, dan meningkat menjadi 78,80% siklus II. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 85,29% yang sebelumnya tidak mencapai ketuntasan belajar yaitu pada siklus I sebesar 52,94% dan pra tindakan 35,29%.
Copyrights © 2021