Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE)
Vol 3 No 02 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering

PERANCANGAN STRUKTUR JALAN REL ANTARA STASIUN CIGADING - STASIUN ANYER KIDUL

Muhamad Fahmi Azis (Universitas Banten Jaya)
Dasa Aprisandi (Universitas Banten Jaya)
Ma'ulfi Kharis Abadi (Universitas Banten Jaya)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Dalam perencanaan jalan rel terdapat Perencanaan struktur yang berisi spesifikasi rel, bantalan, penambat serta ketebalan ballast yang akan digunakan untuk menopang beban kereta api. Dalam perencanaan jalan rel Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu, literature yang dikumpulkan seperti buku dan artikel. Juga melakukan pengamatan langsung terhadap kondisi jalur kereta api. Dari hasil penelitian diperoleh cara untuk merencanakan struktur jalan rel dengan nilai kecepatan rencana 120 km/jam dari stasiun Cigading-stasiun Anyer Kidul serta tetap memperhatikan atura-aturan,yaitu sebagai berikut: 1. Memilih kategori kelas jalan rel yang digunakan sesuai dengan PM No.60 Tahun 2012,kemudian memilih data-data perencanaan sesuai kelas jalan yang dipilih seperti jenis tipe rel,bantalan,penambat,dan syarat-syarat ketebalan balas. 2. Dengan menggunakan kecepatan rencana 120 km/jam yang melebihi batas kecepatan maksimum PM No.60 Tahun 2012, maka dilakukan analisis perhitungan menggunakan parameter-parameter keamanan. Hasil dari analisis perhiitungan membuktikan bahwa hasil kecepatan recana 120 km/jam masih mampu dilalui oleh kelas I dengan tipe rel R.54,dengan tebal ballas 30 cm, jenis bantalan beton menggunakan K-500 dan penambat tipe pandrol E-Clip dengan 20 mm dengan pelengkap pelat landas Ruber Pad.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

josce

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

JOSE bertujuan untuk: 1. Mempublikasikan informasi, pengetahuan dan hasil penelitian terkait dunia teknik sipil 2. Mempromosikan pendekatan komprehensif terhadap teknik sipil yang menggabungkan sudut pandang berbagai disiplin ilmu. 3. Memperkuat pertukaran akademik dengan institusi lain. 4. ...