Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 5, No 02 (2021): EDUNOMIKA : Vol. 5, No. 2, 2021

PARADOKS KONSUMERISME “MANUSIA AKUNTANSI” STUDI FENOMENOLOGI TRANSENDENTAL PERILAKU KONSUMSI DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM PANDANGAN ISLAM

Yana Dwi Christianti (Program Studi komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun)
Vaisal Amir (Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun)
RB. Iwan Noor Suhasto (Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya konsumsi pada masyarakat postmodern seperti saat ini, terutama jika dilihat dari sudut pandang syariah (Islam). Kemajuan dan perkembangan teknologi juga menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, hal tersebut dikarenakan peneliti juga ingin melihat pengaruh kemajuan dan perkembangan teknologi terhadap budaya konsumsi pada masyarakat postmodern. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian intepretif di mana studi fenomenologi transendental menjadi alat analisisnya. Subyek penelitian ini adalah “manusia akuntansi”, yaitu orang-orang yang pernah dan atau sedang mengambil studi akuntansi, di mana mereka pernah memperoleh materi terkait akuntansi dan keuangan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran dan masukan terkait pengembangan teknologi dan pengaruhnya atas budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang sebagian besar menganut agama Islam. Keywords: Islam, Teknologi, Konsumerisme, Fenomenologi Transendent

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...