JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 5 No 2 (2021)

PENGARUH MEDIA VISCING DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ahmad Muzaeni (Prodi Pendidikan IPA UPS Tegal)
Antonius Tri Widodo (Prodi Pendidikan IPA UPS Tegal)
Bayu Widiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran yang menggunakan media ViScing. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media ViScing. (3) Mengetahui respons peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media ViScing. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Analisis menggunakan uji paired sample t-test untuk tes hasil belajar, uji n-gain, dan uji One sample t Test untuk kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian yaitu (1) Rata-rata kondisi awal hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing yaitu sebesar 42,83. (2) Rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing yaitu sebesar 70,64 dengan rerata N-Gain sebesar 0,48 dan masuk ke dalam kategori sedang. (3) Rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas media yaitu sebesar 75,58 dengan kategori indikator berpikir kritis sedang dan tinggi. (4) Respons positif peserta didik dari kedua kelas setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...