Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Vol 1 No 1 (2021): Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)

TANTANGAN GURU DALAM MENGAJAR SATU WAKTU DI SIDH

Sukriyah Barokah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN))
Mega Yuni Ariyanti (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
Eka Prasetyawati (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
M. Aulia Fatah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
Ulfatun Nafi`ah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
Husni Mubarok (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2021

Abstract

Diedarkannya suatu kebijakan dari pemerintah mengenai pembelajaran daring maka guru di tuntut untuk lebih bersikap kreatif dalam menggunakan media pembelajaran sebagai sarana penunjang pembelajaran di masa sekarang ini agar tercipta pembelajaran yang tidak membosankan bagi peserta didik di masa Covid-19. Mengingat strategisnya peran guru dalam pendidikan, apalagi di era global ini, maka kebutuhan akan guru yang berkualitas menjadi sebuah keniscayaan demi masa depan bangsa yang gemilang. Kebutuhan akan guru yang berkualitas yang semakin tinggi saat ini harus disikapi secara positif oleh para pengelola pendidikan guru. Respons positif ini harus ditunjukkan dengan senantiasa meningkatkan mutu program pendidikan yang ditawarkannya. Perbaikan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi ini jelas akan membawa dampak positif bagi penciptaan guru yang berkualitas kelak di kemudian hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam metode library research dengan pendekatan kualitatif. Di dalam metode penelitian ini ada empat tahap yaitu; pengumpulan data, pertanyaan peneliti, penyajian data, dan kesimpulan. Dapat disimpulkan, semua pembelajaran yang ada di Belanda dilakukan secara daring, adapun yang dilakukan secara offline hanya 20% dan sifatnya tutorial yang sifatnya lebih kreatif. Terdapat 21 murid yang mencakup SD, SMP, dan SMA. Jumlah gurunya ada 16 ditambah 1 kepsek berarti 17 guru. Untuk program PJJ bagi mahasiswa yang tinggalnya di luar belanda jumlahnya yaitu 140. SD Reguler di SIDH memiliki semua jenjang dari kelas 1 - kelas 6 tetapi satu jenjang bisa jadi 1 siswa atau paling banyak 3-4 siswa. Kurikulum di SIDH menggunakan K13, untuk memudahkan menggunakan buku BSE.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ELIa (Educational Learning and Innovation) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Shanti Bhuana. Jurnal ELIa merupakan jurnal yang berfokus pada hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Jurnal ELIa juga ...