Prosiding National Conference for Community Service Project
Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021

Menciptakan Brand Image Dan Strategi Pemasaran Pada Umkm Rumah Malicha

Mahfuz Hudori (Universitas Internasional Batam)
Titan Martinus (Universitas Internasional Batam)
Dewi Ratnasari (Universitas Internasional Batam)
Jefry Tan (Universitas Internasional Batam)
Christopher Christopher (Universitas Internasional Batam)
Dicky Dicky (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2021

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu aktivitas ekonomi yang dimana usaha tersebut didirikan oleh sebagian besar pengusaha yang berada di Indonesia. Sering kali UMKM tersebut ditemukan di sepanjang jalan. Banyaknya UMKM yang tidak beroperasi sementara bahkan ada yang tidak beroperasi selamanya dikarenakan terjadinya pandemi Covid-19. Penurunan jumlah pelanggan pada UMKM Rumah Malicha dikarenakan adanya pandemi Covid-19 dan kurangnya branding pada UMKM tersebut. Berkurangnya jumlah pelanggan yang berada di dalam Rumah Malicha disebabkan masa pandemi yang kian hari meningkat sehingga banyak keluarga dan komunitas semakin membatasi diri untuk berkumpul di Rumah Malicha. Melalui kegiatan Society emPOwerment progRAm (SEPORA) yang merupakan tugas proyek mata kuliah Pancasila dalam bentuk pengabdian masyarakat yang memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas UMKM Rumah Malicha dengan cara menciptakan brand image dan strategi pemasaran. Kegiatan SEPORA dilaksanakan dengan tujuan agar UMKM Rumah Malicha dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang datang dan meningkatkan pendapatan yang dihasilkannya. Metode pelaksanaan kegiatan yang akan digunakan yaitu menggunakan metode content planning yang dimana penulis bertujuan untuk meningkatan pengetahuan pemilik UMKM dalam mendesain, merencanakan serta mengembangkan teknik pembuatan konten pada Instagram Rumah Malicha. Penulis juga ikut dalam mengembangkan brand image pada UMKM serta menjadwalkan postingan Instagram agar pemilik UMKM Rumah Malicha dapat melanjutkan feeds pada sosial media Instagram. Melalui pelaksanaan proyek ini dapat meningkatkan daya tarik para pelanggan terhadap UMKM Rumah Malicha.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nacospro

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) merupakan wadah bagi para akademisi maupun masyarakat umum dalam mendesiminasikan artikel ilmiah hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang pengabdian, terutama kegiatan pengabdian masyarakat yang ...