Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Analisis Kesalahan Umum Berbahasa Indoesia pada Cerpen Karya Siswa Kelas XI di SMAN 1 Jasinga

Siti Nurfitriah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan apa saja kesalahan umum berbahasa indonesia pada penulisan cerpen karya siswa kelas XI di SMAN 1 Jasinga. Dan (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan umum berbahasa indonesia pada penulisan cerpen karrya siswa kelas XI di SMAN 1 Jasinga.dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan 31 cerpen karya siswa kelas XI mipa 1 dan 2 SMAN 1 Jasinga dijadikan sebagai objek penelitiannya. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa adanya kesalahan umum berbahasa indonesia yang terdapat dalam cerpen karya siswa dari 3 kesalahan yaitu hiperkorek dengan jumlah 46 kesalahan yang didapat dari 20 cerpen, pleonasme dengan jumlah 31 kesalahan yang didapat dari 18 cerpen, dan kontaminasi dengan jumlah 22 kesalahan yang didapat dari 13 cerpen. Dari data yang didapat maka peneliti meyimpulkan bahwa kesalahan tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor diantaranya siswa yang keliru dalam melakukan penulisan dan siswa yang tidak tahu bentuk penulisan yang sebenarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...