Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Pengembangan Modul Digital Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Subtema 1 Suhu dan Kalor

Wahyu Kurniyawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Muflikhul Khaq (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Titi Anjarini (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2021

Abstract

Telah dilakukan penelitian di SDN Purworejo dan diperoleh infomasi terkait kendala pada kegiatan pembelajaran daring. Beberapa kendala tersebut yaitu kurangnya pemahaman materi dan kurang maksimalnya penanaman nilai pendidikan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul digital materi suhu dan kalor sebagai media pembelajaran yang layak digunakan peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dosen, guru kelas, dan peserta didik kelas V SDN Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian: (1) Modul digital terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada subtema 1 suhu dan kalor. (2) Modul digital dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek dari ahli media dan ahli materi sebesar 4,07 dan 3,84 serta respon peserta didik pada uji coba awal 4,07, uji coba lapangan 4,38, dan uji coba operasional 4,11 sehingga kelayakan modul digital yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Baik”. Jadi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik maka modul digital terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada subtema 1 suhu dan kalor ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas V SDN Purworejo. Kata Kunci: Modul Digital; Research and Development; Suhu dan Kalor

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...